5.00
(4 Ratings)

Big Data Untuk Multidisiplin (01) Analisis Big Data

Wishlist Share
Share Course
Page Link
Share On Social Media

About Course

Di era digital, data adalah sumber kehidupan organisasi, mendorong inovasi, pengambilan keputusan, dan daya saing. Seiring dengan pertumbuhan volume, kecepatan, dan variasi data pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, bidang Big Data telah muncul sebagai disiplin ilmu yang penting bagi dunia usaha, peneliti, dan pembuat kebijakan. Big Data tidak hanya mencakup analisis kumpulan data yang luas dan kompleks tetapi juga teknologi, strategi, dan metode yang diperlukan untuk memanfaatkan kekayaan informasi ini secara efektif.

Kursus ini memberikan landasan penting untuk memahami dan menavigasi ranah Big Data yang memiliki banyak aspek. Pertumbuhan data yang eksplosif dari beragam sumber, termasuk media sosial, sensor, perangkat, dan lainnya, telah menjadikan analisis dan pengelolaan Big Data sebagai keterampilan yang sangat diperlukan di berbagai industri. Ketika organisasi berupaya memanfaatkan potensi Big Data untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dan mendorong inovasi, para profesional yang mampu menangani, menganalisis, dan menafsirkan data ini sangat dibutuhkan.

Selain itu, Big Data tidak terbatas pada ilmuwan data atau spesialis TI; penyakit ini merembes ke hampir semua sektor, termasuk layanan kesehatan, keuangan, pemasaran, pemerintahan, dan lainnya. Oleh karena itu, pemahaman tentang teknologi, strategi, dan sumber Big Data sangat berharga bagi para profesional di berbagai bidang.

Dalam kursus ini, siswa akan mengeksplorasi komponen inti Big Data, mulai dari teknik analisis data hingga teknologi dan strategi yang memungkinkan pemanfaatan data secara efisien. Dengan memahami cara mengakses dan mengintegrasikan data dari berbagai sumber, siswa akan diperlengkapi untuk membuat keputusan berdasarkan data, merumuskan strategi data, dan mendorong inovasi dalam organisasi mereka. Kursus ini berfungsi sebagai pintu gerbang ke dunia Big Data yang menarik, mempersiapkan siswa untuk unggul di masa depan yang kaya data dan berbasis data.

Kursus ini disusun berdasarkan lima komponen utama:

Analisis Big Data: Selidiki seluk-beluk analisis data dalam skala besar. Belajar memproses, membersihkan, dan memperoleh wawasan berharga dari kumpulan data yang luas. Jelajahi teknik statistik, visualisasi data, dan pemanfaatan alat analisis untuk pengambilan keputusan.
Big Data sebagai Teknologi: Dapatkan pemahaman mendalam tentang aspek teknologi Big Data. Jelajahi arsitektur, database, dan alat yang memberdayakan aplikasi Big Data. Selami komputasi terdistribusi, Hadoop, dan Spark untuk memanfaatkan potensi penuh dari kumpulan data besar.
Strategi dan Metode: Temukan landasan strategis dan metodologis pemanfaatan Big Data yang efektif. Kembangkan keterampilan yang diperlukan untuk merencanakan dan mengimplementasikan proyek Big Data, termasuk strategi penyimpanan, pengambilan, dan analisis data. Belajarlah untuk membuat kerangka kerja yang kuat untuk sukses.
Konsep dan Karakteristik Big Data: Memahami konsep dasar dan karakteristik utama Big Data. Jelajahi 4V (Volume, Velocity, Variety, Veracity), dan pelajari bagaimana atribut ini memengaruhi analisis data dan pengambilan keputusan.
Sumber Big Data: Jelajahi berbagai sumber Big Data. Pelajari cara mengidentifikasi, mengumpulkan, dan mengelola data dari berbagai sumber, termasuk kumpulan data publik, media sosial, perangkat IoT, dan banyak lagi. Memperoleh keterampilan untuk mengevaluasi kualitas dan relevansi sumber data.
Lapisan Big Data: Temukan lapisan Big Data, mulai dari pengumpulan data mentah hingga pemrosesan, penyimpanan, dan analisis data. Pelajari cara menyusun data secara berlapis, mengoptimalkan aksesibilitas dan kegunaannya bagi berbagai pemangku kepentingan.

Show More

What Will You Learn?

  • Belajar memproses, membersihkan, dan memperoleh wawasan berharga dari kumpulan data yang luas
  • Dapatkan pemahaman mendalam tentang aspek teknologi Big Data
  • Kembangkan keterampilan yang diperlukan untuk merencanakan dan mengimplementasikan proyek Big Data, termasuk strategi penyimpanan, pengambilan, dan analisis data
  • Memahami konsep dasar dan karakteristik utama Big Data
  • Pelajari cara mengidentifikasi, mengumpulkan, dan mengelola data dari berbagai sumber, termasuk kumpulan data publik, media sosial, perangkat IoT, dan banyak lagi
  • Temukan lapisan Big Data, mulai dari pengumpulan data mentah hingga pemrosesan, penyimpanan, dan analisis data

Course Content

Pengantar Analisis Big Data
Kursus ini merupakan komponen kunci dari lanskap Industri 4.0, memberikan wawasan tentang teknologi yang relevan saat ini dan masa depan. Bab ini menggali definisi, karakteristik, dan pemanfaatan Big Data untuk mengatasi tantangan umum. Potensi dan risiko yang terkait di Indonesia dieksplorasi, dengan menekankan pentingnya memanfaatkan Big Data untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Kurikulumnya mencakup teknik pemrosesan data komputasi yang mendukung analisis Big Data, mendekati level yang mirip dengan pembelajaran mesin, pembelajaran mendalam, dan kecerdasan buatan. Hal ini melampaui aspek teknologi, berfokus pada metode dan strategi, menyadari bahwa organisasi kini banyak menggunakan data untuk kepentingan bisnis dan birokrasi. Untuk menghasilkan laporan, ada tiga elemen yang sangat penting: teknologi pemrosesan data, metode pengumpulan data yang mencakup sumber formal seperti media sosial, dan perencanaan strategis untuk memaksimalkan sumber daya dan meminimalkan risiko untuk penciptaan nilai. Konsekuensinya, Big Data bukan lagi sebuah bidang monodisiplin namun merupakan bidang multidisiplin bahkan interdisipliner.

  • Pengantar Analisis Big Data
    03:51

Big Data sebagai Teknologi, Strategi dan Metode

Konsep dan Karakteristik Big Data

Sumber Big Data

Big Data Layer

Student Ratings & Reviews

5.0
Total 4 Ratings
5
4 Ratings
4
0 Rating
3
0 Rating
2
0 Rating
1
0 Rating
FS
4 bulan ago
Nice course
Edwin Wibowo
5 bulan ago
amazing
YW
6 bulan ago
Its good
Materi yang disampaikan dalam setiap modul sangat jelas dan mudah dimengerti. Terima kasih.