5.00
(1 Rating)

Biokimia Ternak

Categories: Kursus Akan Datang
Wishlist Share
Share Course
Page Link
Share On Social Media

About Course

Kursus ini disusun dari berbagai penelitian yang telah dilakukan dan selalu diupdate dengan perkembangan ilmu peternakan yang saat ini terus terjadi inovasi. Sehingga setiap peserta atau individu dapat termotivasi untuk melakukan terobosan atau penemuan dalam bidang peternakan. Tidak semua institusi pendidikan memiliki program studi Ilmu Peternakan yang memberikan ilmu Biokimia Ternak. Oleh sebab itu, knowledge sharing berkaitan dengan ilmu biokimia ternak akan membantu pengembangan ilmu peternakan secara mendasar.

Kelas “Biokimia Ternak” merupakan pengantar yang mendalam ke dunia biokimia dalam konteks sistem pencernaan, metabolisme, dan fungsi organ pada hewan ruminansia. Fokus utama kelas ini adalah memahami peran mikroba, enzim, fermentasi dalam rumen, serta fungsi vital hati, otot, dan ginjal dalam metabolisme hewan ternak.

Topik “Mikrobia dan Enzim dalam Rumen” akan membahas mikroba penting dan enzim yang berperan dalam proses pencernaan di rumen, memperjelas bagaimana mikroorganisme ini memecah pakan. “Fermentasi dalam Rumen” akan mengungkap betapa pentingnya fermentasi dalam merubah pakan menjadi nutrisi yang bisa diserap oleh hewan ternak dan memahami peran gas yang dihasilkan. Sementara itu, sesi “Hati dan Otot” akan membahas peran kunci hati dalam proses detoksifikasi, metabolisme, serta produksi protein, sementara otot memainkan peran penting dalam penyimpanan energi dan pertumbuhan. Terakhir, dalam topik “Fungsi Ginjal,” peserta akan memahami bagaimana ginjal berperan dalam menjaga keseimbangan elektrolit, proses filtrasi, dan pengeluaran sisa metabolisme yang penting bagi kesehatan hewan ternak.

Kelas ini bertujuan memberikan pemahaman yang mendalam tentang mekanisme biokimia yang terlibat dalam sistem pencernaan dan metabolisme hewan ruminansia, serta pentingnya fungsi organ-organ kunci dalam menjaga keseimbangan tubuh hewan ternak.

Show More

What Will You Learn?

  • Memahami peran mikrobia dalam rumen serta proses fermentasi yang terjadi di dalamnya untuk menguraikan pakan menjadi zat-zat yang lebih mudah diserap dan dimanfaatkan oleh hewan ternak.
  • Memahami peran dan jenis-jenis enzim yang berperan dalam pencernaan pakan pada hewan ruminansia dan bagaimana mikroba serta enzim berkolaborasi dalam proses ini.
  • Memahami peran kunci hati dalam detoksifikasi, penyimpanan nutrisi, serta produksi protein; peran otot dalam penyimpanan energi dan pertumbuhan; serta fungsi ginjal dalam menjaga keseimbangan elektrolit dan eliminasi sisa metabolisme.
  • Menghubungkan pemahaman tentang proses biokimia dengan kesehatan dan kesejahteraan hewan ternak, serta bagaimana pemahaman ini dapat membantu dalam manajemen pakan dan perawatan hewan ternak secara umum.
  • Memahami konsep clearance renal sebagai metode kuantitatif dalam mengevaluasi fungsi ginjal serta pemahaman tentang parameter metabolisme yang dapat memengaruhi kesehatan dan produksi hewan ternak.
  • Memperoleh pemahaman tentang konsep-konsep biokimia yang penting dalam konteks sistem pencernaan dan metabolisme hewan ternak.

Course Content

Introduction

  • Video pendahuluan
    05:26

Mikrobia dan Enzim dalam Rumen

Fermentasi dalam Rumen

Hati dan Otot

Fungsi Ginjal

Student Ratings & Reviews

5.0
Total 1 Rating
5
1 Rating
4
0 Rating
3
0 Rating
2
0 Rating
1
0 Rating
Very nice to learn from this