5.00
(1 Rating)

Digital Government

Wishlist Share
Share Course
Page Link
Share On Social Media

About Course

Digital Government adalah kursus yang penting bagi yang ingin memahami bagaimana dunia modern beroperasi secara digital. Kursus ini berfokus pada teknologi digital, komunikasi, dan strategi yang memungkinkan pemerintah untuk berinteraksi dengan warga negara, organisasi, dan sektor swasta. Digital Government membantu peserta memahami cara pemerintah menggunakan teknologi untuk mendukung proses pemerintahan, pengelolaan lingkungan dan pembangunan sosial. Digital Government membantu peserta memahami bagaimana teknologi digital dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dan membantu pemerintah lebih efektif dalam mengatur dan memelihara warga negaranya.

Kursus ini mencakup berbagai topik, termasuk politik digital, e-pemerintahan, infrastruktur digital, teknologi informasi, keamanan informasi, pengelolaan data, dan banyak lagi. Kursus ini juga menjelaskan bagaimana pemerintah menggunakan teknologi untuk meningkatkan pelayanan publik dan meningkatkan kualitas layanan.

Digital Government juga membantu peserta memahami bagaimana teknologi digital dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dalam proses pemerintahan, seperti mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas, dan memastikan bahwa layanan publik berfungsi dengan tepat. Kursus ini sangat penting bagi peserta yang ingin memahami bagaimana teknologi digital dapat membantu pemerintah meningkatkan efisiensi dan transparansi. Dengan memahami konsep Digital Government, peserta dapat mempelajari bagaimana pemerintah menggunakan teknologi untuk meningkatkan layanan publik dan menjadi lebih efisien dalam menyelesaikan masalah. Ini memberi mahasiswa keterampilan yang dapat diaplikasikan di dunia nyata.

Kelas ini merupakan mata kuliah pilihan dari Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik. Digital Democracy/Digital Government menjadi isu penting dalam Administrasi Publik sejak penemuan Mesin Komputer pada tahun 1940an dan penemuan Jaringan Internet pada tahun 1980an. Jaringan Internet menyediakan kesempatan baru untuk merealisasikan demokrasi digital dalam pelaksanaan administrasi publik. Internet juga meluncurkan visi utopis tentang masa depan dalam bidang politik dan kebijakan publik. Pada waktu bersamaan, internet juga meningkatkan perkembangan dalam pelaksanaan pemerintahan yang demokratis. Terdapat variasi yang lebar dalam pengadopsian dan praktik implementasi dari Digital Government di antara agen-agen pemerintahan. Karenanya, mata kuliah ini akan mempelajari dan membahas topik dalam Demokrasi Digital, tingkatan-tingkatan dalam Demokrasi Digital, hubungan antara demokrasi digital dengan reformasi administrasi publik, e-Government, Big Data dalam Pemerintahan Digital, serta Keamanan Siber pada Pemerintah Digital.

Show More

What Will You Learn?

  • Peserta akan dapat memahami konsep Digital Government, yaitu bagaimana teknologi digital dapat digunakan dalam proses pemerintahan.
  • Peserta akan mampu mengidentifikasi cara-cara teknologi digital dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pemerintahan, termasuk mengurangi biaya dan meningkatkan produktivitas.
  • Peserta akan memahami bagaimana teknologi digital dapat memastikan bahwa layanan publik berfungsi dengan tepat, termasuk mengidentifikasi mekanisme yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Peserta akan memahami pentingnya kursus Digital Government dalam konteks pemerintahan modern, terutama dalam upaya meningkatkan efisiensi dan transparansi.
  • Peserta akan dapat menerapkan konsep Digital Government dalam situasi nyata, termasuk dalam rangka meningkatkan layanan publik dan menyelesaikan masalah di tingkat pemerintahan.
  • Kursus ini akan memberikan peserta keterampilan yang dapat diaplikasikan di dunia nyata, memungkinkan mereka untuk berkontribusi dalam upaya pemerintah untuk menggunakan teknologi digital secara efektif dalam mengelola pemerintahan dan memberikan layanan publik yang lebih baik.

Course Content

Introduction: What is digital democracy and why is it used?
Teknologi Informasi merupakan langkah besar manusia sebagai bentuk baru komunikasi. Internet membuka jalan bagi masyarakat luas untuk mengakses berbagai informasi dalam skala besar. Bidang Public Administration dan Public Policy mengambil poin penting teknologi informasi dalam proses pengambilan keputusan dan pembuatan kebijakan. Pada prosesnya, melibatkan masyarakat luas dalam memberikan feedback melalui platform ­online. Hal ini disebut sebagai Digital Democracy atau e-Democracy (sebutan di negara-negara eropa), disebut juga virtual democracy dan tele-democracy.

  • Video
    08:52
  • Increasing Political Awareness and Improve Bureaucratic Process in Digital Society through Public Service Innovation
  • Digital government
  • Kuis 01

Variety of Digital Democracy Practices in Indonesia

Digital Divide

Digital Democracy and Public Administration Reforms

Introduction of Digital Era Governance

Afterward Digital Era Governance

The Imperatives of Digital Democracy Implementation In Indonesia: Opportunity And Challenges

Big Data in Digital Government Practice (Social Media & Disaster Management)

Student Ratings & Reviews

5.0
Total 1 Rating
5
1 Rating
4
0 Rating
3
0 Rating
2
0 Rating
1
0 Rating
sangat baik, penyampaian materi jelas dan memiliki spesifikasi dengan adanya berbagai sub tema dibawah topik utama yaitu digital government