5.00
(1 Rating)

Kesehatan Mental: Keluarga Tangguh

Wishlist Share
Share Course
Page Link
Share On Social Media

About Course

Keluarga merupakan landasan hidup seseorang dan berperan penting dalam membentuk siapa kita dan bagaimana kita menavigasi dunia di sekitar kita. Tidak hanya soal kenangan dan perayaan ulang tahun, keluarga memiliki pengaruh yang luas dan dalam dalam kehidupan seseorang sehingga dapat mempengaruhi kesehatan mental kita.

Di dunia di mana kehidupan bergerak dengan kecepatan tanpa henti terdapat banyak masalah yang menimpa individu dan keluarga. Saat matahari terbit dan terbenam, keluarga membentuk fondasi kehidupan kita, membentuk identitas, nilai, dan emosi kita. Jaring koneksi keluarga yang rumit memainkan peran penting dalam memelihara kesejahteraan emosional kita sejak awal. Sebagai bayi, kita dipeluk oleh pengasuh yang memberikan kehangatan, kenyamanan, dan keamanan. Lingkungan pengasuhan ini sangat penting untuk pengembangan keterikatan yang aman, meletakkan dasar untuk pengaturan emosi yang sehat dan keterampilan sosial di kemudian hari. Ikatan yang terjalin di tahun-tahun awal ini berfungsi sebagai jalur kehidupan melalui pergolakan yang tak terhindarkan dari kehidupan.

Saat kita melewati masa remaja, kehadiran keluarga yang penuh kasih dan suportif menjadi semakin penting. Dalam menghadapi tantangan yang tak terhitung jumlahnya – tekanan prestasi akademik, pengaruh teman sebaya, dan pencarian identitas pribadi – keluarga bertindak sebagai perisai melawan badai ketidakpastian. Pengetahuan bahwa ada tempat perlindungan di mana penerimaan, pengertian, dan dorongan menunggu memupuk ketangguhan dan rasa memiliki, melindungi pikiran muda dari bayang-bayang keterasingan dan kecemasan.

Pengaruh keluarga terhadap seseorang tidak berhenti hanya pada saat remaja. Di masa dewasa, keluarga menjadi sumber vital dari emosional, membantu menavigasi hal-hal rumit dalam menjalani kehidupan. Selain itu, berfungsi sebagai penjaga tradisi dan warisan budaya keluarga juga memberikan rasa kesinambungan dan memiliki sesuatu yang lebih besar dari diri sendiri, menanamkan rasa identitas dan kebanggaan yang mendalam. Hubungan dengan akar kita ini menawarkan stabilitas, tujuan, dan ketahanan untuk menghadapi tantangan hidup dengan semangat yang kuat.

Meskipun demikian, penting untuk menyadari bahwa dinamika keluarga juga dapat menghadirkan tantangan bagi kesehatan mental. Renggangnya hubungan, konflik, dan beban masalah yang belum terselesaikan bisa menimbulkan gejolak emosi. Pada saat-saat seperti itu, komunikasi terbuka, empati, dan mencari bantuan profesional dapat menumbuhkan penyembuhan dan pertumbuhan, memperkuat pemahaman bahwa keluarga, terlepas dari ketidaksempurnaannya, tetap menjadi bagian integral dari kesejahteraan emosional kita.

Show More

What Will You Learn?

  • Peserta dapat memahami peranan penting keluarga sebagai pondasi kesehatan mental seorang anak.
  • Peserta dapat menyebutkan beberapa hal yang dapat menyebabkan permasalahan dan disfungsi dalam keluarga
  • Peserta dapat mengetahui komponen yang dapat menjadi penanda disfungsi keluarga
  • Peserta dapat mengatasi masalah dalam keluarga berdasarkan komunikasi dan manajemen konflik yang baik

Course Content

Kebutuhan psikologis sepanjang rentang kehidupan

  • Kebutuhan psikologis sepanjang rentang kehidupan
    06:44
  • Bacaan
  • Asesmen

Neurobiologi Keluarga
Dalam materi ini akan mebahas neurobiologi keluarga yaitu Sebuah wacana multisistemik teori sistem keluarga yang telah ditingkatkan dari penelitian terbaru dalam neurobiologi dan hubungan/relationship.

Teori perkembangan keluarga: titik-titik rawan dalam kehidupan
Keluarga merupakan sebuah sistem terkecil di lingkungan sosial. Tentunya, dalam proses membangun keluarga ada fase-fase yang perlu dilewati agar keluarga dapat bertumbuh. Materi kali ini akan membahas bagaimana suatu keluarga melakukan perubahan seiring dengan berjalannya waktu, bertahap mulai dari pernikahan hingga meninggalnya pasangan.

Disfungsi keluarga: akar masalah kesehatan mental
Disfungsi dalam keluarga dapat terjadi ketika di dalam suatu keluarga anggotanya tidak menjalankan perannya masing-masing hingga tidak terbangunnya ikatan emosional antar anggota keluarga. Hal ini dapat berdampak pada kesehatan mental di setiap anggota dalam keluarga tersebut. Mengapa hal ini bisa terjadi? Materi kali ini akan membahas bangaimana disfungsi keluarga ternyata merupakan akar dari masalah kesehatan mental yang terjadi di sekitar kita dan bagaimana mengatasi konflik-konflik keluarga jika sudah terjadi disfungsi keluarga.

Keluarga Tangguh
Keluarga yang tangguh adalah keluarga yang saling mencintai dan saling peduli satu sama lain. Dalam, materi kali ini akan membahas enam indikator dari keluarga tangguh yang di kembangkan oleh John DeFrain seorang pakar bidang keluarga. Menurut beliau, enam indikator keluarga tangguh meliputi: 1. presiasi dan kasih sayang satu sama lain 2. Komunikasi positif Komitmen kepada keluarga 3. Waktu yang menyenangkan bersama 4. Kesejahteraan spiritual dan nilai bersama (shared values) 5. Kemampuan untuk mengelola stress dan krisis secara efektif

Komunikasi keluarga dan waktu keluarga
Pada bagian ini materi yang akan dibahas adalah komunikasi dan waktu untuk keluarga. Komunikasi yang baik dalam keluarga akan menciptakan keluarga yang dapat mengomunikasikan segala hal dimulai hal-hal baik hingga hal-hal yang sulit. Waktu untuk keluarga merupakan sesuatu yang perlu diusahakan. Materi ini akan membahas pentingnya komunikasi hingga memberikan waktu pada keluarga dapat memberikan dampak yang besar pada keluarga tersebut.

Manajemen Konflik Keluarga

How to teen your parent – How to parent your teen
Remaja adalah waktu di mana individu mulai untuk mebentuk identitasnya dan mencoba untuk hidup mandiri. Kedua hal tersebut sering kali memicu konflik antara remaja dengan orang tua. Banyaknya konflik antara remaja dan orang tua mungkin dapat terlihat normal. Materi kali ini akan membahas seputar dinamika antara remaja dan orang tua yang mencakup faktor-faktor yang membuat adanya "gap" atau batasan antara orang tua dan anak, pemicu-pemicu konflik hingga membahas solusi dari konflik tersebut agar mencapai pemahaman yang baik antara orang tua dan remaja

Student Ratings & Reviews

5.0
Total 1 Rating
5
1 Rating
4
0 Rating
3
0 Rating
2
0 Rating
1
0 Rating
AK
2 bulan ago
Materi komprehensif dan disertai dengan tips konkrit