4.00
(1 Rating)

Memahami Hewan berdasarkan Tingkah Laku

Wishlist Share
Share Course
Page Link
Share On Social Media

About Course

Kesejahteraan hewan adalah aspek penting dalam masyarakat yang semakin sadar akan perlunya menjaga hak dan perlindungan hewan. Kehidupan hewan, baik dalam peran sebagai hewan peliharaan, ternak, hewan liar, atau hewan yang digunakan dalam penelitian, sangat bergantung pada bagaimana kita memahami dan merespons tingkah laku mereka. Dalam beberapa dekade terakhir, kesadaran akan pentingnya kesejahteraan hewan telah meningkat secara signifikan. Hak dasar hewan untuk hidup tanpa rasa lapar, haus, dan penyiksaan fisik atau mental semakin ditekankan. Ini telah mengilhami perubahan dalam hukum dan etika yang mengatur perlakuan hewan di berbagai negara.

Kursus ini dirancang untuk memberikan pemahaman mengenai hubungan antara tingkah laku dan kesejahteraan hewan. Dalam kursus ini, kami akan membahas prinsip-prinsip dasar tingkah laku hewan, hak dan etika hewan, serta bagaimana aspek-aspek ini memengaruhi kesejahteraan hewan di berbagai konteks, mulai dari hewan peliharaan hingga ternak dan hewan liar. Kursus ini juga akan memberikan pandangan yang lebih dalam tentang bagaimana hewan belajar, berkomunikasi, dan berkembang. Anda akan memahami perilaku pencarian makan, perlindungan dari predator, perkawinan, dan hidup dalam kelompok. Sejarah kesejahteraan hewan dan konsepnya juga akan dibahas, bersama dengan isu-isu kesejahteraan hewan kontemporer. Selain itu, kami akan membahas undang-undang etika dan kesejahteraan hewan serta cara penerapannya dalam praktik sehari-hari. Anda akan belajar tentang prinsip-prinsip penilaian kesejahteraan hewan, baik berdasarkan perilaku hewan maupun berdasarkan sumber daya yang tersedia bagi mereka.

Melalui kursus ini, kami berharap untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang hewan dan membantu Anda menjadi pendukung kesejahteraan hewan yang lebih sadar, terinformasi, dan bertanggung jawab. Kami percaya bahwa dengan memahami lebih dalam tingkah laku hewan, kita dapat membantu menciptakan dunia yang lebih baik bagi semua makhluk yang berbagi planet ini bersama kita.

Show More

What Will You Learn?

  • Memahami tingkah laku hewan
  • Memahami hak dasar hewan dan masalah etika yang berkaitan dengan perlakuan hewan
  • Menghubungkan tingkah laku dengan kesejahteraan hewan
  • Memahami proses pembelajaran hewan
  • Mendalami perilaku pencarian makan dan penghindaran predator
  • Pemahaman sejarah dan konsep kesejahteraan hewan
  • Memahami peran undang-undang dan regulasi dalam melindungi kesejahteraan hewan

Course Content

Pengantar tingkah laku, hak hewan, etik, kesejahteraan hewan dan hubungan tingkah laku dengan kesejahteraan hewan
Sub-modul ini akan memperkenalkan peserta mengenai tingkah laku, hak hewan, etik, kesejahteraan hewan dan hubungan tingkah laku dengan kesejahteraan hewan. Peserta diharapkan dapat memahami mengenai konsep umum tingkah laku hewan dengan definisi ilmiahnya.

  • Bahan bacaan
  • Tingkah Iaku, hak-hak hewan, kesejahteraan hewan dan etika hubungan kesejahteraan hewan dengan tingkah laku
    07:59
  • Kuis 01

Prinsip tingkah laku hewan
Sub-modul ini akan memperkenalkan mengenai prinsip-prinsip perilaku hewan. Peserta diharapkan dapat membedakan definisi perilaku hewan, hak hewan, kesejahteraan hewan dan etika.

Kepribadian hewan
Submodul ini akan membahas tentang ilmu perilaku hewan. Peserta diharapkan dapat menggambarkan dasar-dasar perilaku hewan.

Tingkah laku belajar, memahami, mengembangkan dan komunikasi
Submodul ini akan membahas tentang komunikasi, pembelajaran, kognisi, dan perkembangan pada hewan. Peserta diharapkan dapat menjelaskan model komunikasi, pembelajaran, kognisi, dan perkembangan hewan.

Tingkah laku mencari makan dan menghindari predator
Submodul ini akan membahas tentang perilaku hewan dalam mencari makanan dan menghindari predator. Peserta diharapkan dapat mendefinisikan jenis perilaku mencari makanan dan menghindari predator.

Tingkah laku perkawinan, pengasuhan dan hidup dalam kelompok
Submodul ini akan mendefinisikan perilaku kawin, perilaku orangtua terhadap anak, dan perilaku dalam kelompok hidup. Peserta diharapkan dapat menjelaskan perbedaan perilaku antara hewan-hewan.

Sejarah kesejahteraan hewan
Sub-modul ini akan membahas mengenai sejarah kesejahteraan hewan. Peserta diharapkan mampu memahami pemikiran kesejahteraan hewan dari waktu ke waktu.

Konsep kesejahteraan hewan
Sub-modul ini membahas mengenai konsep kesejahteraan hewan yang terdiri dari lima kebebasan, beserta penerapannya dalam industri atau hewan peliharaan. Peserta diharapkan dapat menyebutkan kelima kebebasan tersebut serta memberikan contoh penerapannya.

Isu-isu kesejahteraan hewan
Sub-modul ini membahas mengenai isu kesejahteraan hewan di Indonesia dan di seluruh dunia. Peserta diharapkan dapat menyebutkan isu-isu terkait kesejahteraan hewan.

Undang-undang etik dan kesejahteraan hewan serta penerapannya
Sub-modul ini akan membahas mengenai hukum kesejahteraan hewan di Indonesia dan di seluruh dunia. Peserta diharapkan dapat memahami peraturan tentang kesejahteraan hewan.

Prinsip penilaian kesejahteraan hewan: Animal-based measurement
Sub-modul ini akan membahas mengenai metode penilaian kesejahteraan hewan berdasarkan pengukuran berdasarkan hewan itu sendiri. Peserta diwajibkan untuk menilai penerapan kesejahteraan hewan.

Prinsip penilaian kesejahteraan hewan: Resource-based measurement
Sub-modul ini akan membahas mengenai metode penilaian kesejahteraan hewan berdasarkan pengukuran berbasis sumber daya. Peserta diharapakan untuk menilai penerapan kesejahteraan hewan.

Student Ratings & Reviews

4.0
Total 1 Rating
5
0 Rating
4
1 Rating
3
0 Rating
2
0 Rating
1
0 Rating
Dian Astuti
4 bulan ago
pelajarannya belum ada