Menyusun Kelas Online dalam MOOC

Categories: Kursus Daring Terbuka
Wishlist Share
Share Course
Page Link
Share On Social Media

About Course

MOOC adalah singkatan dari Massive Open Online Course. Ini adalah jenis platform pembelajaran online yang menawarkan kursus berbagai mata pelajaran kepada sejumlah besar peserta dari seluruh dunia. MOOC biasanya disediakan oleh universitas, institusi pendidikan, atau platform pembelajaran online. Fitur utama MOOC meliputi:

Massive: MOOCs dirancang untuk menampung sejumlah besar siswa, seringkali berjumlah ribuan atau puluhan ribu. Skalabilitas ini dimungkinkan dengan memanfaatkan teknologi online.

Open: MOOC umumnya terbuka untuk siapa saja yang memiliki koneksi internet. Aksesibilitas ini menghilangkan hambatan geografis dan keuangan yang mungkin menghalangi beberapa individu untuk mengejar pendidikan.

Online: MOOC disampaikan sepenuhnya secara daring, terutama melalui ceramah video, kuis interaktif, tugas, forum diskusi, dan materi digital lainnya. Siswa dapat mengakses konten kursus dengan nyaman, memungkinkan pembelajaran yang fleksibel.

Course – Variety: MOOC mencakup beragam mata pelajaran, mulai dari ilmu komputer, matematika, dan teknik hingga humaniora, ilmu sosial, dan seni.

MOOC telah mendapatkan popularitas karena aksesibilitas, fleksibilitas, dan kesempatan yang diberikan untuk pembelajaran berkelanjutan dan pengembangan keterampilan, terutama di era digital seperti saat ini. Metode ini telah mengubah lanskap pendidikan dengan membuat kursus berkualitas tinggi dari institusi bergengsi tersedia untuk khalayak global tanpa perlu kehadiran kelas tradisional.

Show More

What Will You Learn?

  • Dapat mengembangkan kursus sesuai keilmuan.
  • Dapat menyusun dan mempublikasikan MOOC.

Course Content

Pengembangan MOOC di UGM
Universitas Gadjah Mada saat ini sedang mempersiapkan struktur dan sistem pendidikan berbasis MOOC. Apa saja isinya dan bagaimana mempersiapkan konten MOOC, mari kita cari tahu bersama.

Apa Itu M.O.O.C. ?
Hari ini, kita akan menjelajahi apa itu Massive Open Online Courses atau MOOC dan bagaimana metode pembelajaran ini dapat merevolusi cara belajar masyarakat Indonesia.

Sejarah M.O.O.C. di dunia
Mari membahas secara singkat mengenai sejarah terbentuknya metode Massive Open Online Courses (MOOCs) dan bagaimana perkembangannya hingga saat ini.

Manfaat M.O.O.C. bagi peserta didik
Dengan pertumbuhannya yang pesat dalam 2 dekade ini, ada beberapa manfaat bagi siswa yang belajar dari Massive Open Online Courses

Manfaat M.O.O.C. bagi pengajar / dosen
Mengajar Massive Open Online Courses (MOOCs) dapat menawarkan beberapa manfaat bagi dosen, mari kita cari tahu apa saja manfaatnya.

Manfaat M.O.O.C. bagi universitas penyelenggara
Universitas mulai menawarkan MOOC sebagai respons terhadap lanskap pendidikan yang berubah dan untuk memanfaatkan potensi teknologi dalam proses pendidikan. Mari kita mencari tahu, apa saja manfaat MOOC bagi universitas penyelenggara.

Menentukan Capaian Pembelajaran MOOC
PENGEMBANGAN MOOCs: Bagaimana menentukan capaian pembelajaran pada course dan bagaimana strategi konversi keikutsertaan MOOC pada mata kuliah yang diikuti ?

Merancang aktivitas pembelajaran course dalam MOOC
Pengembangan MOOCs: Bagaimana kita dapat merancang aktivitas pembelajaran MOOC yang sedang dikembangkan ?

Menyusun kursus MOOC
Merancang kursus dalam format MOOC membutuhkan perencanaan yang matang dan pertimbangan berbagai faktor. Berikut panduan langkah demi langkah untuk membantu Anda mendesain MOOC

Menentukan Judul kursus MOOC
Membuat judul yang menarik untuk kursus online sangat penting untuk menarik calon pembelajar dan membangkitkan minat pada konten Anda. Judul yang dibuat dengan baik harus jelas, ringkas, dan menarik. Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda membuat judul yang menarik untuk kursus online Anda

Menyusun tujuan pembelajaran di MOOC
Menentukan tujuan pembelajaran adalah langkah penting dalam desain kursus. Tujuan pembelajaran dengan jelas menguraikan apa yang seharusnya dapat dicapai oleh pembelajar pada akhir kursus. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membantu Anda menentukan tujuan pembelajaran secara efektif

Membagi course dalam unit pembelajaran
Course yang memiliki tujuan umum yang besar, perlu dipecah-pecah menjadi beberapa modul untuk dapat mencapai tujuan khususnya. Untuk membuat unit dan modul kursus untuk kursus online Anda, ada beberapa langkah yang dapat diikuti.

Menyiapkan Sumber Belajar
Setelah memiliki ide mengenai kursus apa yang akan dijadikan MOOC, menyusun tujuan, dan membagi materi pembelajaran menjadi beberapa modul, langkah selanjutnya adalah menyiapkan bahan ajar. Apa saja yang perlu disusun ?

Menyusun Power Point Sebagai Media Pembelajaran
Membuat presentasi PowerPoint yang baik melibatkan berbagai faktor untuk memastikannya menarik, menarik secara visual, dan mengomunikasikan pesan Anda secara efektif. Berikut adalah beberapa aturan dan tip yang harus diikuti saat merancang presentasi PowerPoint yang bagus.

Menyusun script untuk rekaman video
Membuat skrip untuk video melibatkan perencanaan dan pengaturan yang cermat untuk memastikan presentasi yang jelas dan menarik. Berikut panduan langkah demi langkah untuk membantu Anda membuat skrip video

Merekam video secara mandiri untuk menyusun kelas online
Menyusun video dengan kualitas yang baik dan konsisten merupakan hal penting dalam penyusunan MOOC. Kenapa ? Karena Video adalah bagian utama dimana peserta dapat mempelajari informasi dan pengetahuan yang diberikan. Bagaimana caranya supaya hasil video yang kita rekam sendiri bisa menjadi optimal ?

Menyusun kuis online
Secara teratur menilai keefektifan kuis dan pertimbangkan untuk memperbaruinya berdasarkan kinerja dan umpan balik pelajar. Kuis adalah alat yang berharga untuk memperkuat pembelajaran dan mengukur pemahaman siswa, jadi membuat kuis yang disusun dengan baik sangat penting untuk kesuksesan kursus online

Menyusun case study untuk diskusi
Membuat kasus untuk didiskusikan dalam kursus online melibatkan pembuatan skenario yang merangsang pemikiran yang mendorong pembelajar untuk menganalisis, berdiskusi, dan menerapkan pengetahuan mereka. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat kasus untuk diskusi

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet