Course Content
Pengukuran kemampuan bahasa Inggris mahasiswa baru berdasarkan CEFR
SIGaP mengacu pada CEFR (Common European Framework of Reference for Languages) atau Kerangka Acuan Umum Eropa untuk Bahasa, standar internasional untuk mengukur kemampuan bahasa asing, sehingga skor yang dicapai oleh mahasiswa mampu memberikan gambaran awal tentang tingkat penguasaan bahasa Inggris sesuai dengan deskriptor CEFR. Capaian skor SIGaP sangat membantu mahasiswa untuk memahami tingkat kemampuan mereka saat ini dan menentukan tujuan pembelajaran bahasa Inggris mereka di masa depan.
0/2
Pemaknaan Skor SIGaP
SIGaP menggunakan sistem penilaian yang disesuaikan dengan Common European Framework of Reference (CEFR). CEFR membuat penjenjangan A1 (dasar) hingga C2 (setara penutur asli), dan menyediakan deskriptor komprehensif untuk menilai kompetensi bahasa pada setiap jenjang. SIGaP tidak mengadopsi semua penjenjangan dalam CEFR karena mempertimbangkan konteks bahasa Inggris di Indonesia yang sebagai bahasa asing (EFL) namun telah diajarkan pada tingkat sekolah menengah. Penjenjangan yang diadopsi adalah level A2 s.d. C1.
0/2
Struktur Instrumen SIGaP
Instrumen SIGaP terdiri dari tiga bagian, yang masing masing secara intrinsik memuat grammar dan kosakata
0/3
Pengenalan SIGAP
About Lesson

Bagian kedua – Reading terdiri dari 10 soal dengan durasi 10 menit. Bagian ini menguji kemampuan untuk memahami teks bacaan dalam bahasa Inggris secara mendalam. Teks yang disajikan berupa esai informatif pendek dan infografis dalam ragam akademik. Mahasiswa harus mampu mengidentifikasi gagasan utama, menemukan informasi spesifik, memahami kosa kata dalam konteks, serta menganalisis struktur dan gaya penulisan teks. Kompetensi ini sangat diperlukan karena sebagian besar materi perkuliahan, buku teks, jurnal, dan sumber belajar lainnya disajikan dalam bentuk tulisan. Dengan demikian, bagian Reading membantu memastikan bahwa mahasiswa memiliki dasar yang kuat untuk keberhasilan studinya.