Course Content
Pengukuran kemampuan bahasa Inggris mahasiswa baru berdasarkan CEFR
SIGaP mengacu pada CEFR (Common European Framework of Reference for Languages) atau Kerangka Acuan Umum Eropa untuk Bahasa, standar internasional untuk mengukur kemampuan bahasa asing, sehingga skor yang dicapai oleh mahasiswa mampu memberikan gambaran awal tentang tingkat penguasaan bahasa Inggris sesuai dengan deskriptor CEFR. Capaian skor SIGaP sangat membantu mahasiswa untuk memahami tingkat kemampuan mereka saat ini dan menentukan tujuan pembelajaran bahasa Inggris mereka di masa depan.
0/2
Pemaknaan Skor SIGaP
SIGaP menggunakan sistem penilaian yang disesuaikan dengan Common European Framework of Reference (CEFR). CEFR membuat penjenjangan A1 (dasar) hingga C2 (setara penutur asli), dan menyediakan deskriptor komprehensif untuk menilai kompetensi bahasa pada setiap jenjang. SIGaP tidak mengadopsi semua penjenjangan dalam CEFR karena mempertimbangkan konteks bahasa Inggris di Indonesia yang sebagai bahasa asing (EFL) namun telah diajarkan pada tingkat sekolah menengah. Penjenjangan yang diadopsi adalah level A2 s.d. C1.
0/2
Struktur Instrumen SIGaP
Instrumen SIGaP terdiri dari tiga bagian, yang masing masing secara intrinsik memuat grammar dan kosakata
0/3
Pengenalan SIGAP
About Lesson

SIGaP mengacu pada CEFR (Common European Framework of Reference for Languages) atau Kerangka Acuan Umum Eropa untuk Bahasa, standar internasional untuk mengukur kemampuan bahasa asing, sehingga skor yang dicapai oleh mahasiswa mampu memberikan gambaran awal tentang tingkat penguasaan bahasa Inggris sesuai dengan deskriptor CEFR. Capaian skor SIGaP sangat membantu mahasiswa untuk memahami tingkat kemampuan mereka saat ini dan menentukan tujuan pembelajaran bahasa Inggris mereka di
masa depan.

Instrumen SIGaP ini mengukur kemampuan bahasa Inggris mahasiswa baru yang meliputi 3 aspek penting: Listening, Reading, dan Composing. Aspek-aspek ini dipilih karena merupakan komponen kunci dari kemampuan bahasa Inggris yang dibutuhkan mahasiswa untuk berhasil dalam studi mereka.

● Listening: Kemampuan Listening sangat penting untuk memahami perkuliahan, presentasi, dan diskusi di kelas. SIGaP akan menguji kemampuan mahasiswa untuk memahami percakapan dan teks lisan dalam berbagai konteks dan tingkat kesulitan.

●  Reading: Kemampuan Reading sangat penting untuk memahami materi bacaan, seperti buku teks, artikel ilmiah, dan sumber referensi lainnya. SIGaP akan menguji kemampuan mahasiswa untuk memahami teks bacaan dalam berbagai jenis dan tingkat kesulitan.

●  Composing: Kemampuan Composing sangat penting untuk menulis teks bahasa Inggris dengan jelas, akurat, dan terstruktur. SIGaP akan menguji kemampuan mahasiswa untuk menulis berbagai jenis teks seperti esai dan laporan.

Meskipun SIGaP tidak secara khusus memberikan gambaran skill berbicara, sebagaimana CEFR, diharapkan kemampuan lisan mahasiswa terdampak positif berkat kemampuan skill lain yang ditawarkan pada kelas-kelas di mana mereka ditempatkan sesuai rekomendasi SIGaP.