SIGaP dirancang untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan bahasa Inggris
mahasiswa baru untuk menjadi pertimbangan dalam penempatan kelas bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Hal ini penting untuk memastikan bahwa mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan Bahasa Inggris dengan efektif dan optimal, dan memperoleh Capaian Pembelajaran yang ditetapkan pada setiap modul yang diajarkan. Penempatan kelas yang tepat akan memberikan beberapa manfaat berikut ini:
(1) Meningkatkan motivasi belajar: Penempatan di kelas yang sesuai dengan kemampuan akan menciptakan tantangan dan motivasi untuk belajar. Hal ini akan meningkatkan partisipasi di dalam kelas dan mendorong tercapainya potensi optimal.
(2) Meningkatkan efektivitas pembelajaran: Kemampuan yang homogen menciptakan pembelajaran yang efektif. Dosen dapat menyesuaikan materi dan metode pengajaran sesuai dengan kebutuhan spesifik kelas, sehingga semua mahasiswa dapat memperoleh manfaat maksimal dari pembelajaran bahasa Inggris.
(3) Meningkatkan prestasi belajar: Penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang ditempatkan di kelas bahasa Inggris yang sesuai dengan kemampuannya umumnya memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada yang ditempatkan di kelas yang tidak sesuai. Hal ini karena mahasiswa dapat fokus pada materi pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pemahamannya dan tidak merasa tertinggal atau terbebani.