5.00
(1 Rating)

Preventing Stress Eating and Substance Abuse

Wishlist Share
Share Course
Page Link
Share On Social Media

About Course

Penyalahgunaan bahan berbahaya seperti alkohol, rokok, dan bahan makanan tertentu di kalangan dosen dan mahasiswa universitas merupakan masalah yang memprihatinkan yang dapat menimbulkan konsekuensi fisik, psikologis, dan akademis yang signifikan. Banyak mahasiswa menghadapi tingkat stres yang tinggi karena tekanan akademik, penyesuaian sosial, dan tantangan pribadi. Beberapa mungkin beralih ke zat-zat seperti alkohol, obat resep, atau obat-obatan terlarang sebagai cara untuk mengatasi stres atau melarikan diri dari masalah mereka untuk sementara.

Lingkungan perguruan tinggi sering memaparkan siswa pada lingkaran dan pengaruh sosial baru. Tekanan teman sebaya dan keinginan untuk menyesuaikan diri dapat berkontribusi untuk bereksperimen dengan zat, terutama dalam lingkungan sosial. Di banyak kampus, zat seperti alkohol mudah diakses. Siswa mungkin menyalahgunakan atau menyalahgunakan zat ini karena ketersediaannya. Beberapa siswa mungkin tidak sepenuhnya memahami risiko yang terkait dengan penyalahgunaan zat atau mungkin meremehkan potensi konsekuensi negatifnya.

Selain mahasiswa, dosen di universitas menghadapi stres terkait pekerjaan yang signifikan karena pengajaran, penelitian, tugas administrasi, dan ekspektasi publikasi. Tekanan ini dapat berkontribusi pada penyalahgunaan zat sebagai cara untuk mengelola stres. Dosen mungkin mengalami isolasi dalam peran mereka, terutama jika mereka fokus pada penelitian mereka. Isolasi ini terkadang dapat menyebabkan mekanisme koping yang tidak sehat, termasuk penyalahgunaan zat. Mengejar keunggulan dalam pengajaran dan penelitian dapat menyebabkan kejenuhan dan perasaan tidak mampu. Penyalahgunaan zat dapat digunakan sebagai cara untuk mengobati diri sendiri atau menghilangkan tekanan emosional. Di beberapa kalangan akademik, acara sosial atau kegiatan jejaring mungkin melibatkan alkohol atau zat lain. Ini dapat berkontribusi pada budaya di mana penggunaan zat dinormalisasi.

Penting untuk dicatat bahwa penyalahgunaan zat adalah masalah kompleks yang dipengaruhi oleh faktor individu, norma masyarakat, dan ketersediaan dukungan dan sumber daya. Baik universitas maupun individu memiliki peran dalam menangani dan mencegah penyalahgunaan zat. Universitas dapat menerapkan program pencegahan dan pendidikan penyalahgunaan zat yang komprehensif untuk meningkatkan kesadaran tentang risiko, konsekuensi, dan sumber daya yang tersedia.

Show More

What Will You Learn?

  • Peserta dapat memahami masalah emosional dan dampaknya terhadap perilaku
  • Peserta dapat memahami bahaya konsumsi alkohol, tembakau dan makanan junk food.
  • Peserta dapat mencari informasi yang lebih akurat mengenai kesehatan

Course Content

Emotional Eating
Pada sesi pertama course ini, teman-teman akan belajar mengenai apa itu emotional eating. Materi tersebut disajikan dalam video, handout & materi bacaan yang tersedia pada deskripsi di bawah. Setelah memelajari materi tersebut, teman-teman dapat mengerjakan kuis sebelum melanjutkan ke sesi course selanjutnya. Selamat belajar!

  • Video
    05:56
  • Bacaan
  • Asesmen

Batasi Konsumsi Jenis Makanan Tertentu
Setelah memelajari emotional eating pada sesi pertama, sekarang teman-teman akan belajar tentang membatasi konsumsi jenis makanan tertentu. Materi tersebut disajikan dalam video dan handout. Setelah memelajari materi tersebut, teman-teman harus mengerjakan kuis sebelum melanjutkan ke sesi course selanjutnya. Selamat belajar!

Bahaya Alkohol
Kali ini teman-teman akan memelajari materi mengenai bahaya alkohol, khususnya bagi kesehatan. Materi tersebut disajikan dalam video dan bacaan yang tersedia pada deskripsi di bawah. Setelah memelajari materi tersebut, teman-teman harus mengerjakan kuis sebelum melanjutkan ke sesi course selanjutnya. Selamat belajar!

Bahaya Rokok
Setelah memelajari bahaya alkohol bagi kesehatan, selanjutnya teman-teman juga akan memelajari bahaya rokok bagi kesehatan. Materi tersebut disajikan dalam video dan bacaan yang tersedia pada deskripsi di bawah. Setelah memelajari materi tersebut, teman-teman harus mengerjakan kuis sebelum melanjutkan ke sesi course selanjutnya. Selamat belajar!

Ingin Berhenti Merokok, Apa yang Harus Dilakukan?
Setelah mengetahui bagaimana bahaya rokok bagi kesehatan, bagi teman-teman yang merokok, atau memiliki kenalan perokok dan ingin berhenti merokok, sesi ini akan membahas apa yang harus dilakukan saat ingin berhenti merokok. Materi tersebut disajikan dalam video dan handout yang tersedia di bawah. Setelah memelajari materi tersebut, teman-teman harus mengerjakan kuis sebelum melanjutkan ke sesi course selanjutnya. Selamat belajar!

Menghargai Sekitar dengan Tidak Merokok
Sebelumnya, apakah teman-teman tahu, kalau merokok tidak hanya berbahaya bagi perokok, namun juga bagi orang-orang di sekitar yang terkena asap rokoknya lho! Pada sesi pertama corse ini, teman-teman akan belajar mengenai bahaya rokok bagi lingkungan sekitar. Materi tersebut disajikan dalam video dan handout yang tersedia di bawah. Setelah memelajari materi tersebut, teman-teman dapat mengerjakan kuis sebelum melanjutkan ke sesi course selanjutnya. Selamat belajar!

Memilih Sumber Informasi yang Baik
Salah satu upaya menerapkan hidup sehat diawali dengan mengetahui bagaimana cara untuk melakukannya, sehingga kita perlu mendapatkan informasi yang tepat dari sumber informasi yang kredibel. Kali ini teman-teman akan memelajari bagaimana cara memilih sumber informasi yang baik. Materi tersebut disajikan dalam video dan bacaan yang tersedia pada deskripsi di bawah. Setelah memelajari materi tersebut, teman-teman dapat mengerjakan kuis sebelum melanjutkan ke sesi course selanjutnya. Selamat belajar!

Mencari Sumber Informasi yang Akurat Sesuai Kebutuhan Informasi
Pada sesi akhir course ini, setelah memelajari tentang bagaimana memilih sumber informasi yang baik, teman-teman juga akan memelajari tentang bagaimana mencari sumber informasi yang akurat, sesuai dengan kebutuhan informasi. Materi tersebut akan dibahas pada sesi ini, yang akan disajikan dalam video dan materi bacaan yang tersedia pada deskripsi di bawah. Selamat belajar!

Student Ratings & Reviews

5.0
Total 1 Rating
5
1 Rating
4
0 Rating
3
0 Rating
2
0 Rating
1
0 Rating
A
9 bulan ago
good