Harmoni Filsafat Pendidikan dan Program Kampus Merdeka

Oleh :

  1. Rayhana Nasywa Tsabita 
  2. Moch. Alfi Noordin Zidan

Program Kampus Merdeka

Program Kampus Merdeka (MBKM) merupakan sebuah inisiatif inovatif dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan untuk memberikan fleksibilitas dan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri di dunia luar. Dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan lulusan yang tidak hanya memiliki pengetahuan akademik yang kuat, tetapi juga memiliki keterampilan yang relevan dengan dunia kerja. Tidak hanya sampai disitu, jika kita membandingkan kurikulum pendidikan Indonesia dengan kurikulum di negara lain, seperti Amerika Serikat, Indonesia memang harus mulai mereformasi kurikulum pendidikannya yang mampu memfasilitasi peserta didik agar dapat menyesuaikan preferensi dan meningkatkan kesempatan eksplorasi. MBKM hadir sebagai solusi untuk menjawab berbagai tantangan tersebut.

Implementasi Program Kampus Merdeka

Program Kampus Merdeka (MBKM) telah mengalami perkembangan yang signifikan sejak diluncurkan. Hingga sekarang, program ini telah berhasil melibatkan ratusan ribu mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Berbagai kegiatan MBKM seperti magang, studi independen, dan pertukaran pelajar telah memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi yang relevan dengan dunia kerja dan memperluas wawasan. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti kesiapan infrastruktur, keterlibatan industri yang optimal, serta adaptasi kurikulum. Secara keseluruhan, MBKM telah menjadi langkah maju dalam transformasi pendidikan tinggi di Indonesia, namun perlu terus dievaluasi dan ditingkatkan agar semakin memberikan manfaat bagi mahasiswa dan bangsa.

Filsafat dan Pendidikan 

Pendidikan merupakan pilar dalam perkembangan manusia dan masyarakat. Pendidikan secara umum dapat diartikan sebagai rangkaian kegiatan belajar dan mengajar untuk membekali individu dengan berbagai pengetahuan,keterampilan,serta nilai-nilai yang ditanamkan untuk hidup seseorang kedepannya, maka dari itu pendidikan haruslah dibawa ke arah yang lebih maju dan positif. Dalam proses pembelajarannya, landasan filosofis merupakan elemen penting yang tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan, yaitu merupakan upaya untuk mencari hakikat pendidikan secara mendalam. Filsafat pendidikan merupakan salah satu cabang filsafat yang memfokuskan pada hakikat pendidikan secara menyeluruh mulai dari prinsip,tujuan,hingga nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan.Filsafat Pendidikan menganut paham bahwa pendidikan merupakan suatu sarana atau instrumen yang ditetapkan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik agar mereka mampu bertahan dan berkembang dalam menghadapi semua tantangan dalam kehidupan praktis yang senantiasa selalu berubah dan berkembang.

 Hubungan Program Kampus Merdeka dan Filsafat Pendidikan

Seperti yang telah kita ketahui Program Kampus Merdeka mengedepankan cita-cita pembelajaran bagi mahasiswa dengan fleksibel dan memberikan peluang untuk mengembangkan dirinya baik secara akademis maupun non-akademis. Yang mana jika kita lihat lebih dalam, program ini memiliki banyak hal yang sejalan dengan beberapa aliran Filsafat Pendidikan.

 Salah satu aliran Filsafat Pendidikan yang linear dengan program ini adalah aliran progresivisme. Di tengah hiruk pikuk dunia pendidikan yang sarat dengan pembelajaran yang padat serta penargetan nilai yang tinggi, aliran progresivisme menjadi angin segar bagi perubahan dalam dunia pendidikan. Sama halnya dengan Program Kampus Merdeka, aliran progresivisme juga menempatkan mahasiswa di pusat proses pembelajaran, menurut program dan aliran ini mahasiswa merupakan subjek yang aktif dan dinamis, yang bisa mengeksplorasi minat dan bakat mahasiswa itu sendiri, contohnya dapat melalui berbagai kegiatan yang ditawarkan oleh Program Kampus Merdeka (MBKM).

Pelajari lebih lanjut mengenai Filsafat Pendidikan melalui kursus di UGM Online. Kelas ini dirancang oleh Dr. Rr. Siti Murtiningsih, S.S., M.Hum, dekan Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada dan mengajar di Departemen Filsafat Barat dengan fokus kajian Filsafat Pendidikan, Metafisika/ontologi, serta Sosialisme-Marxisme. Untuk mengikuti kelas Filsafat Pendidikan, dapat diakses melalui tautan berikut : https://mooc.ugm.ac.id/courses/filsafat-pendidikan/