Pendidikan telah menjadi bagian integral dari perkembangan manusia sejak zaman kuno hingga era modern saat ini. Namun, pandangan dan pendekatan terhadap pendidikan telah mengalami perubahan signifikan dari masa ke masa. Perbedaan dalam filsafat pendidikan antara masa lalu dan era modern mencerminkan evolusi nilai-nilai, tujuan, dan metode pembelajaran yang dianut oleh masyarakat pada zaman tersebut.
Pendidikan pada masa lalu, terutama pada zaman klasik seperti zaman Yunani dan Romawi, cenderung didasarkan pada nilai-nilai klasik dan filsafat yang kuat. Tujuan utama pendidikan pada masa itu adalah untuk mempersiapkan individu menjadi warga negara yang baik dan memenuhi standar etika dan moral yang tinggi. Pendidikan diarahkan pada pembentukan karakter dan moralitas, serta pengembangan kemampuan berpikir kritis dan analitis.
Dalam era modern, pendidikan mengalami pergeseran menuju pendekatan yang lebih pragmatis dan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi fokus utama dalam proses pembelajaran, dengan tujuan untuk mempersiapkan individu agar siap menghadapi tuntutan dunia kerja yang semakin kompleks dan berubah-ubah. Pendidikan juga lebih terbuka terhadap inovasi dan perkembangan baru dalam teknologi pembelajaran.
Pendekatan Pembelajaran yang Berubah
Perbedaan lainnya antara pendidikan masa lalu dan era modern terletak pada pendekatan pembelajaran yang digunakan. Pendidikan tradisional cenderung mengutamakan metode pembelajaran yang bersifat top-down dan berpusat pada guru, sedangkan pendidikan era modern lebih cenderung menuju pendekatan yang kolaboratif dan berpusat pada siswa. Metode pembelajaran aktif, berbasis proyek, dan berorientasi pada masalah menjadi lebih populer dalam pendidikan modern.
Tantangan dan tuntutan zaman yang terus berkembang juga menjadi faktor yang memengaruhi perbedaan dalam filsafat pendidikan. Masa lalu mungkin lebih terfokus pada pembentukan karakter dan moralitas karena itu adalah kebutuhan utama pada masa itu, sedangkan era modern menuntut pendidikan yang lebih fokus pada pengembangan keterampilan praktis dan penyesuaian dengan perkembangan teknologi dan globalisasi.
Perkembangan Teknologi dan Pendidikan
Pendidikan adalah fondasi dari kemajuan suatu bangsa. Namun, di era modern ini, dunia pendidikan dihadapkan pada berbagai tantangan yang kompleks dan dinamis. Perkembangan teknologi, perubahan sosial, dan tuntutan akan kualitas yang lebih tinggi menjadi beberapa faktor utama yang memengaruhi arah pendidikan di masa depan. Dalam menghadapi tantangan ini, upaya untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan menjadi kunci untuk memastikan keberhasilan dan relevansi pendidikan di era modern.
Perubahan Paradigma Pendidikan
Salah satu tantangan utama dalam dunia pendidikan saat ini adalah perubahan paradigma dalam proses pembelajaran. Model pendidikan tradisional yang bersifat top-down dan berpusat pada guru perlahan-lahan mulai ditinggalkan demi pendekatan yang lebih kolaboratif dan berpusat pada siswa. Tuntutan akan keterampilan abad ke-21, seperti kreativitas, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis, mendorong pendidikan untuk lebih fokus pada pengembangan kemampuan tersebut melalui metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membuka peluang baru dalam proses pembelajaran. Namun, penggunaan teknologi dalam pendidikan juga membawa tantangan tersendiri, seperti kesenjangan akses teknologi antara daerah perkotaan dan pedesaan, serta risiko terjadinya ketergantungan pada teknologi. Oleh karena itu, pemerintah dan lembaga pendidikan perlu memastikan bahwa pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dapat dilakukan secara merata dan seimbang, serta tetap mengutamakan interaksi manusia yang masih sangat penting dalam proses pembelajaran.
Tantangan lainnya dalam dunia pendidikan adalah memastikan kualitas guru dan tenaga pendidik yang berkualitas dan profesional. Guru yang kompeten dan terampil memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk kualitas pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan dan pelatihan yang berkelanjutan bagi guru perlu diperhatikan agar mereka dapat terus meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan dan tuntutan baru dalam dunia pendidikan yang terus berkembang.
Dalam menghadapi tantangan pendidikan di era modern, penyesuaian kurikulum menjadi hal yang sangat penting. Kurikulum yang relevan dengan tuntutan zaman dan kebutuhan masyarakat akan menjadi kunci dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan masa depan. Selain itu, evaluasi pendidikan yang komprehensif dan akurat juga diperlukan untuk memastikan bahwa pendidikan yang diberikan dapat mencapai tujuan yang diinginkan dan memberikan manfaat yang maksimal bagi peserta didik.
Untuk mengenal lebih dalam mengenai hakikat pendidikan, kami mengajak pembaca untuk mengikuti Kelas Filsafat Pendidikan di UGM Online. Kelas ini akan dipandu oleh Dr. Rr. Siti Murtiningsih. Beliau adalah pakar di bidang EDUCATION/ HERMENEUTIC AND CRITICAL THEORY/ PHILOSOPHY dari Universitas Gadjah Mada. Ikuti tautan berikut untuk mendaftarkan diri pada kelas Filsafat Pendidikan https://mooc.ugm.ac.id/courses/filsafat-pendidikan/