5.00
(1 Rating)

Aktivitas Fisik yang Inklusif di Universitas

Wishlist Share
Share Course
Page Link
Share On Social Media

About Course

Mencapai kesuksesan akademik membutuhkan lebih dari sekedar belajar. Hal ini menuntut pendekatan holistik yang mencakup kesejahteraan fisik, kesehatan mental, dan manajemen waktu yang efektif. Mencapai kesuksesan akademik adalah perjalanan yang melampaui buku teks, jurnal dan kuliah. Dengan menerapkan gaya hidup sehat yang mengutamakan kesejahteraan fisik dan mental, manajemen waktu yang efektif, dan keterlibatan sosial, Anda tidak hanya menyiapkan diri Anda untuk keunggulan akademik tetapi juga menumbuhkan kebiasaan yang akan membantu Anda sepanjang hidup Anda. Hal ini dapat dicapai dengan perbaikan gaya hidup seperti pengaturan pola makan dan aktivitas fisik. 

Mempertahankan pola makan yang sehat dan seimbang sangat penting bagi mahasiswa karena berbagai alasan. Tuntutan kehidupan akademik, ditambah dengan transisi ke gaya hidup yang lebih mandiri, membuat siswa semakin penting untuk memprioritaskan nutrisi mereka. Makanan kaya nutrisi menyediakan bahan bakar yang diperlukan agar otak berfungsi dengan baik. Nutrisi penting seperti asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral berperan dalam meningkatkan daya ingat, fokus, konsentrasi, dan kinerja kognitif secara keseluruhan. Diet seimbang memastikan bahwa siswa dapat mempertahankan dan menerapkan pengetahuan secara efektif.

Selain menjaga pola makan, aktif bergerak juga memegang peranan penting bagi kehidupan akademik. Terlibat dalam aktivitas fisik secara teratur sangat penting bagi mahasiswa karena banyak manfaatnya yang mencakup aspek fisik, mental, dan akademik dalam kehidupan mereka. Aktivitas fisik telah terbukti meningkatkan fungsi otak dan kemampuan kognitif. Kehidupan universitas sering disertai dengan tekanan akademik, tenggat waktu, dan tantangan pribadi yang dapat menyebabkan stres. Aktivitas fisik memicu pelepasan endorfin, peningkat suasana hati alami yang membantu meredakan stres, kecemasan, dan depresi. Terlibat dalam olahraga memberikan jalan keluar yang sehat untuk mengelola dan mengurangi tingkat stres.

Universitas adalah masa transisi dan pertumbuhan pribadi. Membentuk kebiasaan aktivitas fisik secara teratur menetapkan dasar untuk gaya hidup sehat yang dapat dibawa siswa setelah masa kuliah mereka. Dengan mencapai keseimbangan yang tepat antara aktivitas akademik dan perawatan diri, Anda dapat membuka potensi penuh Anda dan berkembang dalam studi Anda.

Show More

What Will You Learn?

  • Peserta mampu memahami peranan penting gaya hidup sehat selama melakukan aktivitas di kampus
  • Peserta dapat menyebutkan pesan-pesan penting gizi seimbang dan mempraktekan dalam kehidupan sehari-hari
  • Peserta dapat memahami peranan penting aktivitas fisik dan menemukan motivasi untuk rutin berolahraga.

Course Content

Pesan Gizi Seimbang
Pada sesi pertama course ini, teman-teman akan belajar mengenai apa itu Pesan Gizi Seimbang. Materi tersebut disajikan dalam video, handout & materi bacaan yang tersedia pada deskripsi di bawah. Setelah memelajari materi tersebut, teman-teman dapat mengerjakan kuis sebelum melanjutkan ke sesi course selanjutnya. Selamat belajar!

  • Video
    08:00
  • Asesmen

Konsumsi Makan Sehat untuk Anak Kost
Setelah memelajari pesan gizi seimbang pada sesi pertama, sekarang teman-teman akan belajar tentang Konsumsi Makan Sehat untuk Anak Kost. Materi tersebut disajikan dalam video dan handout. Setelah memelajari materi tersebut, teman-teman harus mengerjakan kuis sebelum melanjutkan ke sesi course selanjutnya. Selamat belajar!

Introduksi Aktivitas Fisik
Kali ini teman-teman akan memelajari materi mengenai Introduksi Aktivitas Fisik, didalamnya akan dibagi menjadi 2 bagian menjelaskan tentang Pengertian Aktivitas Fisik dan Manfaat Aktivitas Fisik. Materi tersebut disajikan dalam video dan bacaan yang tersedia pada deskripsi di bawah. Setelah memelajari materi tersebut, teman-teman harus mengerjakan kuis sebelum melanjutkan ke sesi course selanjutnya. Selamat belajar!

Perbedaan Aktivitas Fisik dan Olahraga
Setelah belajar mengenai Aktifitas Fisik, selanjutnya teman-teman akan mengetahui apa perbedaan aktivitas fisik dan olahraga. Materi ini disajikan dalam video dan bacaan yang tersedia pada deskripsi di bawah. Setelah memelajari materi tersebut, teman-teman harus mengerjakan kuis sebelum melanjutkan ke sesi course selanjutnya. Selamat belajar!

Mengatasi Hambatan Melakukan Aktivitas Fisik
Pada course ini teman-teman akan memelajari mengenai hambatan melakukan aktivitas fisik dimana didalamnya akan dibahas mengenai hambatan dan solusi untuk aktivitas fisik dan tips bagaimana meningkatkan aktivitas fisik. Materi disajikan dalam video dan bacaan yang tersedia pada deskripsi di bawah. Setelah memelajari materi tersebut, teman-teman harus mengerjakan kuis sebelum melanjutkan ke sesi course selanjutnya. Selamat belajar!

Ayo Lakukan Aktivitas Fisik
Setelah mengetahui cara mengatasi hambatan melakukan aktivitas fisik sesi ini akan membahas bagaimana anjuran melakukan aktivitas fisik sehari-hari juga pada saat keadaan khusus seperti berpuasa . Materi tersebut disajikan dalam video dan handout yang tersedia di bawah. Setelah memelajari materi tersebut, teman-teman harus mengerjakan kuis sebelum melanjutkan ke sesi course selanjutnya. Selamat belajar!

Aktivitas Fisik Bagi Disabilitas
Pada video sebelumnya kita banyak membahas tentang manfaat aktivitas fisik yang lebih merepresentasikan pada keadaan orang dengan kondisi normal, Manfaat-manfaat ini juga ada untuk teman-teman kita penyandang disabilitas, apa aja manfaatnya mari simak penjelasannya. Setelah memelajari materi ini, teman-teman harus mengerjakan kuis sebelum melanjutkan ke sesi course selanjutnya. Selamat belajar!

Pemanfaatan Fasilitas dan Lingkungan yang Tersedia untuk Aktivitas Fisik
Aktivitas fisik tentu memerlukan tersedianya fasilitas dan lingkungan untuk dapat melakukannya, pada sesi ini akan menjelaskan pemanfaatan fasilitas dan lingkungan di kampus untuk melakukan aktivitas fisik dan anjuran bagaimana mahasiswa dapat meningkatkan aktivitas fisik. Materi tersebut disajikan dalam video dan handout yang tersedia di bawah. Setelah memelajari materi tersebut, teman-teman dapat mengerjakan kuis sebelum melanjutkan ke sesi course selanjutnya. Selamat belajar!

Student Ratings & Reviews

5.0
Total 1 Rating
5
1 Rating
4
0 Rating
3
0 Rating
2
0 Rating
1
0 Rating
Kailani
6 bulan ago
Sangat bermanfaat untuk diketahui mengenai aktivitas fisik terutama bagi tendik yang lebih banyak duduk.